A.
Riwayat Hidup dan
Latar Belakang Pendidikan
Nama
lengkapnya adalah Muhammad bin Abduh bin Hasan Khairullah. Dilahirkan di desa
Mahallat Nashr di Kabupaten al-Buhairah, Mesir pada tahun 1849 M dan wafat pada
tahun 1905 M. Ayahnya, Abduh bin Hasan Khairullah, mempunyai silsilah keturunan
dengan bangsa Turki. Sedangkan ibunya, mempunyai silsilah keturunan dengan
tokoh besar Islam, Umar bin Khattab.[1]
Pendidikan
pertama yang ditekuni Muhammmad Abduh adalah belajar Al Qur'an, dan berkat
otaknya yang cemerlang maka dalam waktu dua tahun, ia telah hafal kitab suci
dalam usia 12 tahun. Pendidikan formalnya dimulai ketika ia dikirim oleh
ayahnya ke perguruan agama di masjid Ahmadi yang terletak di desa
Thantha.
Namun karena sistem pembelajarannya yang dirasa sangat membosankan, akhirnya ia
memilih untuk menimba ilmu dari pamannya, Syekh Darwisy Khidr di desa Syibral
Khit yang merupakan seseorang yang berpengetahuan luas dan penganut paham
tasawuf. Selanjutnya, Muhammad Abduh melanjutkan studinya ke Universitas
Al Azhar, di Kairo dan berhasil menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1877.[2]
Ketika menjadi mahasiswa di Al Azhar, pada tahun 1869 Abduh bertemu dengan
seorang ulama' besar sekaligus pembaharu dalam dunia Islam, Said Jamaluddin Al
Afghany, dalam sebuah diskusi. Sejak saat itulah Abduh tertarik
kepada
Jamaluddin Al Afghany dan banyak belajar darinya. Al Afghany adalah seorang
pemikir modern yang memiliki semangat tinggi untuk memutus rantai-rantai
kekolotan dan cara-cara berfikir yang fanatik.
Udara baru
yang ditiupkan oleh Al Afghany, berkembang pesat di Mesir terutama di kalangan
mahasiswa Al Azhar yang dipelopori oleh Muhammad Abduh. Karena cara
berpikir Abduh yang lebih maju dan sering bersentuhan dengan jalan pikiran kaum
rasionalis Islam (Mu'tazilah), maka banyak yang menuduh dirinya telah
meninggalkan madzhab Asy'ariyah. Terhadap tuduhan itu ia menjawab: "Jika
saya dengan jelas meninggalkan taklid kepada Asy'ary, maka mengapa saya harus
bertaklid kepada Mu'tazilah? Saya akan meninggalkan taklid kepada siapapun dan
hanya berpegang kepada dalil yang ada".
B.
Latar Belakang
Pemikiran Muhammad Abduh
Muhammad Abduh dilahirkan dan dibesarkan dan hidup
dalam masyarakat yang sedang disentuh oleh perkembangan-perkembangan dasar di
Eropa. Sayyid Quthub sebagaimana dikutip oleh M. Quraish Shihab, dalam bukunya yang
berjudul Studi Kritis Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abduh dan M. Rasyid
Ridha, memberikan gambaran singkat
mengenai masyarakat tersebut yakni ”suatu masyarakat yang beku, kaku, menutup
rapat pintu ijtihad, mengabaikan peranan akal dalam memahami sari’at Allah atau
mengistinbatkan hukum-hukum karena mereka telah merasa berkecukupan dengan
hasil karya para pendahulu mereka yang juga hidup dalam masa kebekuan akal
(jumud) serta yang berlandaskan “khurofat”. Sementara itu di Eropa hidup suatu
masyarakat yang mendewakan akal, khususnya setelah penemuan-penemuan ilmiah
yang sangat mengagumkan ketika itu.[3]
Keadaan
masyarakat Eropa tersebut sesungguhnya telah menanamkan benih pengaruhnya sejak
kedatangan ekspedisi prancis (Napoleon) ke Mesir pada tahu 1798. Namun secara
jelas tumbuhnya benih-benih tersebut mulai dirasakan Muhammad Abduh pada
saat ia memasuki pintu gerbang Al-Azhar. Waktu itu, lembaga pendidikan tersebut
para pembina dan ulamanya telah terbagi kedalam dua kelompok., mayoritas dan
minoritas. Kelompok pertama menganut pola taqlid, yakni mengajarkan kepada
siswa bahwa pendapat-pendapat ulama terdahulu hanya sekedar dihapal, tanpa
mengantarkan pada usaha penelitian, perbandingan dan pentarjihan. Sedangkan
kelompok kedua menganut pola tajdid (pembaharu) yang menitik beratkan
uraian-uraian mereka ke arah penalaran dan pengembangan rasa.[4]
Berkat
pengetahuan Abduh tentang ilmu tasawuf serta dorongan Syekh Darwisy agar ia
selalu mempelajari berbagai bidang ilmu, yang diterimanya ketika usia muda
dulu, maka tidak mengherankan jika naluri Abduh yang didukung Syaikh tersebut
membuat Abduh lebih condong untuk berpihak kepada kelompok minoritas yang
ketika itu dipelopori oleh Syekh Hasan
Al -Thawil yang telah mengajarkan filsafat dan logika jauh sebelum Al-Azhar
mengenalnya. Pada sisi lain pertemuan Abduh dengan Al-Afgani menjadikan Abduh
aktif dalam berbagai bidang sosial dan politik, dan kemudian mengantarkannya
untuk bertempat tinggal di Paris, menguasai bahasa Prancis, menghayati
kehidupan masyarakatnya, serta berkomonikasi dengan pemikir-pemikir Eropa
ketika itu.[5]
C.
Corak Pemikiran Muhammad
Abduh
1. Moderenisasi
Sebagaimana
yang telah disinggung pada latar belakang pemikiran Muhammad Abduh,
bahwa semenjak perjumpaannya dengan Al- Afgani, Abduh berusaha mengadakan
penyesuaian ajaran Islam dengan tuntutan zaman, seperti penyesuaian dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Gagasan penyesuaian inilah
kemudian disebut dengan moderniasasi. Sumber dari gagasan moderenisasi Abduh
tersebut bersumber dari penentangannya terhadap taqlid. Menurut Muhammad
Abduh, Al-Qur’an memerintahkan
kepada ummatnya untuk menggunakan akal sehat mereka, serta melarangnya
mengikuti pendapat-pendapat terdahulu tanpa mengikuti secara pasti hujah-hujah
yang menguatkan pendapat tersebut, walaupun pendapat itu dikemukakan oleh orang
yang seyogyanya paling dihormati dan dipercaya. Abduh menetapkan tiga hal yang
menjadi kritrea perbuatan taqlid ini, ketiga kriteria tersebut adalah:
a. Sangat mengagung-agungkan para leluhur
dan para guru mereka secara berlebihan.
b. Mengiktikadkan agungnya pemuka-pemuka
agama yang silam, seolah-olah telah mencapai kesempurnaan.
c. Takut dibenci orang dan dikritik bila ia
melepaskan fikirannya serta melatih dirinya untuk berpegang kepada apa yang
dianggap benar secara mutlak.
Berdasarkan
pada pandangan tersebut, Abduh memahami Alqur’an, terutama yang berkaitan denga
kecaman terhadap sikap dan perbuatan taqlid tersebut, walaupun menyangkut sikap
kaum musrikin. Selanjutnya ia mengecam kaum muslimin, khususnya yang
berpengetahuan yang mengikuti pendapat ulama-ulama terdahulu tanpa
memperhatikan hujahnya.[6]
Berkaitan
dengan modernisasi ini, Rahman memberikan pernyataan bahwa seorang modernis
biasanya memiliki beberapa ciri, diantaranya selalu berusaha menghadapi segala
situasi dengan penuh keyakinan serta keberanian, dan gerakannya bersifat
kerakyatan, serta senantiasa melibatkan pemikiran pribadi. Kemudian kaum
modernis yang telah menjadikan reformasi sebagai tolak ukurnya adalah mereka
yang berusaha menciptakan ikatan-ikatan positif antara pemikiran Qur’ani dengan
pemikiran modern.[7]
Perpaduan antara kedua pemikiran ini telah melahirkan beberapa lembaga sosial
dan moral modern dengan berorientasi pada Alqur’an.
Muhammad
Abduh menyikapi
peradaban Barat modern dengan selektif dan kritis. Dia senantiasa menggunakan
prinsip ijtihad sebagai metode utama untuk meretas kebekuan pemikiran kaum
muslimin. Abduh tidak pernah berfikir, apalagi berusaha untuk mengambil alih secara
utuh segala yang datang dari dunia Barat. Karena ia beranggapan apa bila itu
dilakukan berarti mengubah taqlid yang lama dengan taqlid yang baru, juga
karena hal tersebut tidak akan berguna, disebabkan adanya perbedaan-perbedaan
pemikiran dan struktur sosial masyarakat masing-masing daerah.[8]
Islam menurut Abduh “harus mampu meluruskan kepincangan-kepincangan perbedaan
barat serta membersihkan dari segi-segi negatif yang menyertainya. Dengan
demikian, perbedaan tersebut pada akhirnya, akan menjadi pendukung terkuat
ajaran Islam, sesaat setelah ia mengenalnya dan dikenal oleh pemeluk-pemeluk
Islam.[9]
2.
Reformis
Muhammad
Abduh Adalah seorang
pembaharu yang corak pembaharuannya bersifat reformistik-rekonsturktif. Ini
dikarenakan Muhammad Abduh senantiasa melihat tradisi dengan perpektif
membangun kembali. Agar tradisi suatu masyarakat dapat survive dan terus
diterima, ia harus dibangun kembali. Pembangunan kembali ini tentunya dengan
kerangka modern dan prasyarat rasional. Pemikiran pembaharuan yang bercorak
reformistik dalam bentuknya yang pertama secara filosofis.[10]
3.
Konservatif
Gerakan
pembaharuan yang diinagurasikan Muhammad Abduh bersifat konservatif, hal
ini terlihat dari sikap Muhammad Abduh yang tidak bermaksud mengubah potret
diri Islam. Risalah Tauhid merupakan bukti dari pemikiran ini. Muhammad
Abduh dalam karya ini berupaya menegaskan kembali potret diri Islam yang
telah mencapai finalitas dan keunggulan.[11]
Demikianlah
muncul ke permukaan ketiga tipologi pemikiran, yaitu modernis, reformis,
konservatif, yang dilontarkan berkaitan dengan pembaharuan yang dilakukan Muhammad
Abduh. Ketiganya merupakan refleksi dalam membaca segala pemikiran Muhammad
Abduh. Dalam pembacaan itu corak pertama lebih menekankan pada aspek slektifitas
dan sikap kritis Muhammad Abduh dalam menyikapi dan memandang peradaban
barat. Corak kedua lebih menekankan kepada upaya Muhammad Abduh dalam
membangun kembali tradisi Islam secara rekonstruktif. Sedangkan corak yang
ketiga memfokuskan bacaannya kepada upaya Muhammad Abduh dalam membela
Islam melalui finalitas dan keunggulan Islam.
D.
Inti Pemikiran Muhammad
Abduh
1. Membebaskan pikiran dari ikatan taqlid
dan memahami agama seperti kaum salaf sebelum timbulnya pertentangan-pertentangan
dan kembali dalam mencari pengetahuan agama kepada sumbernya yang pertama dan
mempertimbangkan dalam lingkungan timbangan akal yang diberikan Allah SWT untuk
mencari keseimbangan dan mengurangi kecampuradukan dan kesalahan. Dengan cara
ini orang dianggap sebagai sahabat ilmu yang bergerak untuk meneliti
rahasia-rahasia alam, mengajak menghormati kebenaran dan untuk berpegang kepada
pendidikan jiwa dan perbaikan amal.
2. Memperbaiki bahasa arab dan susunan kata,
baik dalam percakapan resmi atau dalam surat menyurat antar manusia.
3.
Pembaharuan di bidang politik, ini dilakukannya di Majlis Syura sejak ia
dipilih menjadi anggota majelis itu.[12]
Kita melihat
di sini agenda pembaharuan dibidang bahasa, politik, dan akidah dan tunutunan
umum. Dan dalam semua sisi itu, Abduh mengemukakan kritik yang membangun.
Sedangkan inti seluruhnya adalah pendidikan Islam. Ia melihat bahwa rusaknya
masyarakat Islam karena salahnya pendidikan.[13]
E.
Aggenda Pembaharuan Muhammad
Abduh
1. Purifikasi
Purifikasi
atau pemurnian ajaran islam telah mendapat tekanan serius dari Muhammad
Abduh berkaitan dengan munculnya bid’ah dan khurafah yang masuk dalam
kehidupan beragama kaum muslimin.
2.
Reformasi
Dengan
agenda reformasinya, Muhammad Abduh berambisi untuk melenyapkan sistem
dualisme dalam pendidikan di Mesir. Dia menawarkan kepada sekolah modern agar
menaruh perhatian pada aspek agama dan moral. Dengan mengandalkan aspek
intelektual saja sekolah modern hanya akan melahirkan pendidikan yang merosot
moralnya.[14]
Sedangkan
kepada sekolah agama, seperti Al-Azhar, Muhammad Abduh menyarankan agar
dirombak menjadi lembaga pendidikan yang mengikuti sistem pendidikan modern.
Sebagai pionirnya, ia telah memperkenalkan ilmu-ilmu Barat kepada Al-Azhar,
disamping tetap menghidupkan ilmu-ilmu Islam klasik yang orisinil, seperti Muqodimah
karya Ibnu Khaldun.[15]
Reformasi
pendidikan tinggi Islam difokuskan Muhammad Abduh pada Universitas
almamaternya, Al-Azhar. Muhammad Abduh menyatakan bahwa kewajiban
belajar itu tidak hanya mempelajari buku-buku kelasik berbahasa Arab yang
berisi dogma ilmu kalam untuk membela Islam. Akan tetapi kewajiban belajar juga
terletak pada mempelajari sains-sains modern, serta sejarah dan agama Eropa,
agar diketahui sebab-sebab kemajuan yang telah mereka capai. Usaha awal
reformasi Muhammad Abduh adalah memperjuangkan matakuliah filsafat agar
diajarkan di Al-Azhar. Dengan belajar filsafat, semangat intlektualisme Islam yang
padam diharapkan hidup kembali.
3. Pembelaan Islam
Muhammad
Abduh lewat Risalah
Al-Tauhidny tetap mempertahankan potret diri Islam. Hasratnya untuk
menghilangkan unsur-unsur asing merupakan bukti ia tetap yakin dengan
kemandirian Islam. Muhammad Abduh berusaha mempertahankan potret Islam
dengan dengan menegaskan bahwa jika pikiran dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
Hasil yang dicapainya otomatis akan selaras dengan kebenaran Illahi yang
dipelajari melalui agama.
4.
Reformulasi
Agenda
reformulasi tersebut dilaksanakan Muhammad Abduh dengan cara membuka
kembali pintu ijtihad. Menurutnya, kemunduran kaum muslim disebabkan oleh dua
faktor, yaitu internal dan ekternal. Muhammad Abduh dengan
reformulasinya menegaskan bahwa Islam telah membangkitkan akal pikiran manusia
dari tidur panjangnya.[16]
F.
Manhaj Pemikiran
Keagamaannya
Islam adalah
agama yang terdiri dari beberapa aspek yang saling
berhubungan,
satu dengan yang lainnya. Yaitu Aqidah (Teologi), Syariah
(Hukum
Islam), dan Akhlak (tasawuf). Namun dalam kesempatan ini, penulis
memilih
hanya membahas sedikit manhaj pemikiran Muhammad Abduh tentang
Syariah dan
Aqidah. Karena inilah yang mungkin paling mempengaruhi seseorang
dalam bertindak.[17]
1. Hukum Islam
Dalam salah
satu tulisannya, Abduh membagi syariat menjadi dua bagian, yaitu; hukum yang
pasti (al Ahkam al Qath’iyah) dan hukum yang tak ditetapkan secara pasti dengan
nash dan ijma. Hukum yang pertama, bagi setiap muslim wajib mengetahui dan
mengamalkannya. Hukum yang seperti ini terdapat dalam al-Qur’an dan rinciannya
telah dijelaskan Nabi melalui perbuatannya, serta disampaikan oleh kaum
muslimin secara berantai dengan praktek. Hukum ini merupakan hukum dasar yang
telah disepakati(mu jma’ ‘alaîhi) kepastiannya. Hal ini bukan merupakan
lapangan ijtihad dan dalam hukum yang telah pasti serupa ini, seseorang boleh
bertaklid. Yang kedua adalah hukum yang tidak ditetapkan dengan tegas oleh nash
yang pasti dan juga tidak terdapat konsensus ulama di
dalamnya.
Hukum inilah yang merupakan lapangan ijtihad, seperti masalah muamalah, maka
kewajiban semua orang untuk mencari dan menguraikannya sampai jelas.[18]
Disinilah
peranan para mujtahid, dan dari masalah ini pula lahir madzhab-madzhab fiqh yang
merupakan cerminan dari keragaman pendapat dalam memahami nash-nash yang tidak
pasti tersebut.
Abduh sangat
menghargai para mujtahid dari madzhab apapun. Menurutnya, mereka adalah
orang-orang yang telah mengorbankan kemampuannya yang maksimal untuk mendapatkan
kebenaran dengan niat yang ikhlas serta ketaqwaan yang tinggi kepada Allah.
Berbeda pendapat adalah hal yang biasa, dan tidak selamanya merupakan ancaman
bagi kesatuan umat. Yang dapat menimbulkan bencana adalah jika pendapat yang
berbeda-beda tersebut dijadikan sebagai tempat berhukum, dengan tunduk kepada
pendapat tertentu saja, tanpa berani melakukan kritik atau mengajukan pendapat
lain. Keseragaman berfikir dalam semua hal adalah kemustahilan.
Menurutnya,
setiap muslim harus memandang bahwa hasil ijtihad ulama masa lalu sebagai hasil
pemikiran manusia biasa yang tidak selamanya benar. Sikap yang harus diambil
umat Islam dalam perbedaan pendapat adalah kembali kepada sumber asli . Untuk
itu, Abduh menunjukkan dua cara yang harus dilakukan oleh umat Islam sesuai
dengan adanya dua kelompok sosial yang biasanya terdapat dalam masyarakat Islam
yaitu mereka yang memilki ilmu pengetahuan dan yang awam. Dia berpendapat bahwa
kelompok pertama wajib melakukan ijtihad langsung kepada al Qur’an dan as Sunnah.
Dalam hal ini ijtihad dituntut, karena kekosongan ijtihad dapat menyebabkan
mereka akan mencari keputusan hukum di luar ketentuan syara’. Dalam
perkembangan zaman,tidak dapat ditahan laju perkembangan situasi dan kondisi
yang muncul. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ulang tentang beberapa
pendapat hasil ijtihad ulama terdahulu, agar hasil ijtihad itu selalu sesuai
dengan situasi dan kondisinya. Jadi yang
mereka ijtihadkan bukan hanya masalah-masalah yang belum ada hukumnya, tetapi
juga mengadakan reinterpretasi terhadap hasil ijtihad terdahulu.[19]
Bagi
kelompok kedua yang awam, sikap yang harus diambilnya adalah mengikuti pendapat
orang yang mereka percayai, dengan mempertimbangkan kedalaman ilmu dan
ketaqwaan dari orang yang diikutiya pendapatnya. Jadi setiap dikerjakan oleh
orang awam mempunyai dasar kuat yang dia sendiri mengetahui dasarnya dan tidak
mengamalkan suatu perbuatan secara pembabi buta. Dengan sikap ini, umat Islam
akan selamat dari bahayatak lid. Abduh berpendapat bahwa kebenaran dapat
didapatkan dimana-mana, tidak hanya pada seorang guru atau
suatumadzhab
tertentu.
Menurut
Rasyid Ridla, madzhab dalam pengertian Muhammad Abduh adalah lebih
ditekankan pada cara pengambilan hukum dari nash yang ditempuh oleh seorang
mujtahid tertentu. Jadi bukan dalam artian mengikuti dan tunduk pada hasil
mujtahid tertentu, tetapi bermadzhab adalah dengan mengikuti cara-cara atau
metode yang mereka tempuh dalam beristinbath hukum. Dengan demikian bermadzhab
bukan bagi mereka yang awam, seperti umum dipahami, tetapi bagi mereka yang
berijtihad dalam lingkungan madzhab tertentu. Mereka ini dalam istilah Ushul
Fiqh adalah Mujtahid Bi al-Madzhab.[20]
Maka
fanatisme madzhab yang biasanya terjadi di kalangan awam dapat dihindari dan sikap taklid bisa diatasi. Akan
tetapi, menurut Abduh, yang terjadi di masyarakat adalah sebaliknya. Generasi
sesudah mujtahid mengikuti hasil ijtihad yang mereka dapatkan, bukan mengambil
cara yang ditempuh oleh para imam. Akibatnya, terjadinya perselisihan pendapat
yang membawa perpecahan di kalangan muslimin sendiri. Fanatisme madzhab pun
mucul dan taklid tidak bias dihindarkan.
Abduh
menuding para fuqaha sesudah mujtahid sebagai peletak batu pertama dari
timbulnya fanatisme tersebut, dengan menambah atau memperluas hasil ijtihad
para ulama terdahulu. Sehingga menurutnya ajaran agama dengan segala
permasalahannya bukan semakin jelas, namun semakin rumit. Orang tidak bisa
membedakan antara ajaran dasar Islam dengan ajaran madzhab yang bersumber dari
fuqaha. Kitab madzhab dijadikan bahan rujukan dan kitab al Qur’an ditinggalkan,
sehingga seakan-akan sia-sia Allah mengutus Rasul yang membawa kitab tersebut.[21]
Oleh karena
itu, dalam berijtihad kaum muslimin harus berpedoman kepada al Qur’an dan as
Sunnah. Hal inilah yang mendorongnya untuk menggalakkan ijtihad di kalangan
intelektual dan mengikis taklid buta dalam masyarakat. Beliau membandingkan
sikap umat Islam yang demikian itu dengan sikap kaum Yahudi yang taklid kepada
pendapat pemimpin agama mereka, seperti digambarkan Allah
dalam surat
at-Taubah, ayat 32. Sehingga mereka mengalami kemunduran setelah memperoleh
kejayaan.
Tantangannya
yang keras terhadap taklid tampaknya juga dilandasi oleh pandangan teologinya
yang memberikan harkat yang tinggi kepada manusia dengan anugerah akal yang ada
padanya, di samping kebebasan untuk mempergunkan akal tersebut. Dengan
keduanya, seharusnya manusia juga mampu memahami nash-nash yang mujmal. Dengan
demikian manusia tidak selayaknya tunduk dan mengikuti hasil pemikiran orang
lain tanpa memikirkan alasan-alasan yang mendasari pendapat tersebut. Walaupun
beliau juga mengakui bahwa tidak semua orang sanggup berijtihad. Akan tetapi
bagi mereka yang awan pun taklid tidak boleh dilakukan.
Di samping
itu, agaknya apa yang dia saksikan di Barat juga merupakan salah satu sebab
tantangannya yang keras terhadap taklid. Dia melihat kemajuan barat yang
menurut pemahamnnya disebabkan oleh terbebasnya mereka dari ikatantakl id dan
bebasnya mereka dalam menggunakan akal dalam berpikir dan memahami sesuatu.
Tampaknya Abduh menginginkan keadaan seperti itu bias diterapkan di kalangan
muslimin, sehingga kemajuan di Barat dapat juga dirasakan kaum muslimin dengan
lebi baik.
2. Bagian Aqidah
Sebagai
seorang pemikir yang termasuk mengagungkan akal sebagai sumber inspirasi
kehidupan, Abduh sedikit banyak dipengaruhi pemikiran-pemikiran mu’tazilah. Hal
ini terlihat dari buku-bukunya, di antaranya Risâlah Tauhîd. Pemikiran Abduh
mengenai qada dan qadar, agaknya sejalan dengan sikap dan pandangan hidupnya
yang dinamis. Di samping memandang qada dan qadar sebagai salah satu segi
aqidah Islamiyah yang penting, ia juga menekankan pentingnya pemahaman yang
benar dalam masalah ini. Meskipun tampaknya dia tidak menyebut soal qada dan
qadar sebagai salah satu pilar-pilar keimanan, tetapi dia memasukkan masalah
ini ke dalam aspek aqidah Islamiyah. Rupanya,
pendapat
Abduh ini tidak jauh berbeda, untuk tidak dikatakan sama, dari pendapat
gurunya, Jamaluddin al Afghany dalam masalah ini.[22]
Menurutnya,
bahwa keyakinan yang benar tentang masalah qada' dan qadar akan membawa
muslimin ke arah kejayaan dan kemajuan. Sebaliknya pemahaman yang salah
terhadap keduanya, akan menyebabkan mereka ke dalam kehancuran. Seperti yang
pernah terlihat dalam sejarah Islam.
Pemahaman
Abduh tentang hal ini, mungkin disebabkan kondisi yang dilihat olehnya, baik
dalam pengembaraannya ke negeri-negeri Barat, maupun kondisi Mesir sendiri yang
masih dalam jajahan Perancis. Dia melihat aqidah yang dianut umumnya umat Islam
ketika itu, yaitu paham qada' dan qadar yang telah berwujud fatalisme, yang
justru telah membuat mereka dalam keadaan statis dan beku. Konsekuensinya, umat
semakin mundur dan tidak ada kemauan untuk berbuat yang lebih baik.
Konsekuensi
logis dari pendapat ini adalah manusia bebas menjatuhkan pilihannya. Dan apapun
perbuatan yang dipilih dan dilakukannya, Tuhan telah lebih mengetahuinya. Jadi,
peran Tuhan dalam hal ini adalah mengetahui, dan peran tersebut tidak menjadi
penghalang bagi kebebasan manusia dalam memilih perbuatan sesuai dengan
kehendak bebasnya yang diberikan Tuhan.
Mempercayai
qada' dan qadar, menurutnya adalah juga meyakini bahwa setiap kejadian atau
peristiwa dilatar belakangi oleh sebab. Rangkaian sebab-sebab tersebut
menciptakan suatu keteraturan. Sehingga kejadian atau peristiwa yang telah
berlalu dapat ditelusuri atau dipelajari. Sumber dari segala sebab tersebut,
menurut Abduh, Allah adalah Tuhan yang mengatur segala sesuatu menurut
kebijaksanaan-Nya. Dia menjadikan setiap peristiwa menurut hukumnya sendiri
yang merupakan komponen dari suatu kerangka atau sistim yang tidak
berubah-ubah. Itulah yang disebutnya dengan istilah sunnatullah (hukum alam
Tuhan), dan manusia tidak dapat melepaskan diri serta harus tunduk kepada
setiap
sunnah yang
ditetapkan Tuhan. Maka, keyakinan yang kuat terhadap hukum alam bukanlah
berarti mengingkari adanya kekuasaan Tuhan, justru hal itu sejalan dengan
keyakinan akan kekuasaan-Nya yang telah menciptakan hukum alam tersebut. Dengan demikian, nasib manusia akan
sesuai dengan apa yang telah dipilihnya. Pandangan Abduh yang demikian akan
lebih jelas terlihat ketika dia membicarakan masalah perbuatan manusia.[23]
Menurutnya,
manusia adalah makhluk yang memiliki kebebasan dalam memilih dan menentukan
perbuatannya. Manusia dengan akalnya mempertimbangkan akibat perbuatan yang
akan dilakukan, kemudian dia mengambil keputusan dengan kemauannya sendiri dan
selanjutnya mewujudkan perbuatan itu dengan daya yang ada pada dirinya. Jelas
bahwa bagi Muhammad Abduh, manusia secara alami mempunyai kebebasandalam
menentukan kemauan dan perbuatan. Manusia tidak berbuat sesuatu kecuali setelah
dia mempertimbangkan akibat-akibatnya dan atas pertimbangan inilah dia
mengambil keputusan melaksanakan atau tidak melaksanakan perbuatan yang
dimaksud.
Namun,
manusia tidak mempunyai kebebasan tanpa batas atau kebebasan absolut. Abduh
membatasi kebebasan manusia dengan memberikan contoh yang tergambar dalam
peristiwa-peristiwa alamiah, seperti angin badai, kebakaran dan
peristiwa-peristiwa lain yang tak terduga. Artinya, kebebasan manusia mempunyai
batas-batasnya, terutama sekali karena di atas manusia masih ada kekuasaan
Tuhan. Kekuasaan Tuhan yang membatasi kemauan dan kebebasan manusia itu terjadi
melalui hukum ciptaan Tuhan. Tuhan menjadikan segala wujud di alam ini di bawah
hukum alam, dalam suatu sistem hukum sebab akibat yang ditetapkan-Nya. Atas
dasar itu, kiranya dapat dikatakan bahwa terjadinya peristiwa-peristiwa yang
mengakibatkan kerugian pada manusia sebenarnya disebabkan oleh ketidak mampuan
manusia sendiri dalam menguasai dan mengantisipasi hukum alam yang berintikan
hukum sebab akibat itu.[24]
G.
Metode Muhammad
Abduh dalam Pembaharuan
Dalam melakukan perbaikan Muhammad
Abduh memandang bahwa suatu perbaikan tidaklah selamanya datang melalui revolusi
atau cara serupa. Seperti halnya perubahan sesuatu secara cepat dan drastis.
Akan tetapi juga dilakukan melalui perbaikan metode pemikiran pada umat islam.
Melaui pendidikan, pembelajaran,dan perbaikan akhlaq. Juga dengan pembentukan
masyarakat yang berbudaya dan berfikir yang bisa melakukan pembaharuan dalam
agamanya. Sehingga dengannya akan tercipta rasa aman dan keteguhan dalam
menjalankan agama islam. Muhammad Abduh menilai bahwa cara ini akan
membutuhkan waktu lebih panjang dan lebih rumit. Akan tetapi memberikan dampak
perbaikan yang lebih besar dibanding melalui politik dan perubahan secara
besar-besaran dalam mewujudkan suatu kebangkitan dan kemajuan. Sebagaimana
telah didefinisikan bahwa pembaharuan (tajdid) adalah kebangkitan dan penghidupan
kembali dalam bidang keilmuan Islam dan aplikasi sebagaimana pada zaman
Rasullullah dan para sahabat. Yang selama ini sempat hilang, terlupakan, bahkan
terhapus dari tubuh umat Islam.[25]
Sebagaimana telah diungkapkan oleh Muhammad
Abduh bahwa metodenya dalam perbaikan adalah jalan tengah. Dalam hal ini
beliau membagi umat Islam kepada 2 bagian yaitu:
1. Mereka yang condong kepada ilmu-ilmu
agama dan apa yang berhubungan dengan itu semua. Mereka itu yang biasa disebut
al-muqallid.
2. Mereka yang condong pada ilmu-ilmu dunia.
Yang silau dan kagum akan barat serta berbagai disiplin ilmu yang dimiliki,dan
kemajuannya dalam bidang materi.
Metode dalam pembaharuan yang
digunakan oleh Muhammad Abduh adalah mengambil jalan tengah antara kedua
kelompok diatas. Menyeimbangkan antara kedua jalan tersebut. Yaitu antara
kelompok yang berpegang teguh pada kejumudan taqlid dan mereka yang berlebihan
dalam mengikuti barat baik itu pada budaya dan disiplin ilmu yang mereka
miliki. Sebagaimana yang diungkapan oleh Muhammad Abduh dalam metode
pembaharuannya: “sesengguhnya aku menyeru kepada kebebasan berfikir dari ikatan
belenggu taqlid dan memahami agama sebagaimana salaful ummat terdahulu”. Yang
dimaksud dengan salaful umat di sini adalah kembali kepada sumber-sumber yang
asli yaitu al-qur’an dan al-hadist sebagaimana yang dipraktikkan oleh para
salafus shaleh terdahulu.
H. Dampak Pemikiran Muhammad
Abduh dalam Pemikiran Islam Kontemporer
Muhammad Abduh adalah
seorang pelopor reformasi dan pembaharuan dalam pemikiran Islam. Ide-idenya
yang cemerlang, meninggalkan dampak yang besar dalam tubuh pemikiran umat
Islam. beliaulah pendiri sekaligus peletak dasar-dasar sekolah pemikiran pada
zaman modern juga menyebarkannya kepada manusia. Walau guru beliau Jamal
Al-Afghani adalah sebagai orang pertama yang mengobarkan percikan pemikiran
dalam jiwanya, akan tetapi Imam Muhammad Abduh sebagai mana diungkapkan
Doktor. Muhammad Imarah, adalah seorang arsitektur terbesar dalam gerakan
pembaharuan dan reformasi atau sekolah pemikiran modern. Melebihi guru beliu
Jamaluddin Al-Afghani.
Muhammad Abduh memiliki
andil besar dalam perbaikan dan pembaharuan pemikiran Islam kontemporer. Telah
banyak pembaharuan yang beliau lakukan diantaranya:
1. Reformasi Pendidikan
Muhammad Abduh memulai
perbaikannya melalui pendidikan. Menjadikan pendidikan sebagai sektor utama
guna menyelamatkan masyarakat mesir. menjadikan perbaikan sistem pendidikan
sebagai asas dalam mencetak muslim yang shaleh.
2. Mendirikan Lembaga dan Yayasan Sosial.
Sepak terjang dalam perbaikan yang
dilakukan Muhammad Abduh tidak hanya terbatas pada aspek pemerintahan
saja seperti halnya perbaikan pendidikan dan Al-Azhar. Akan tetapi lebih dari
itu hingga mendirikan beberapa lembaga-lembaga sosial. Diantaranya: Jamiâah
khairiyah islamiyah, jami’ah ihya al-ulum al-arabiyah,dan juga jami’ah
at-taqorrub baina al-adyan.
3. Mendirikan Sekolah Pemikiran.
Muhammad Abduh adalah orang
pertama yang mendirikan sekolah pemikiran kontemporer. Yang memiliki dampak
besar dalam pembaharuan pemikiran islam dan kebangkitan akal umat muslim dalam
menghadapi musuh-musuh islam yang sedang dengan gencar menyerang umat muslim
saat ini.[26]
H.
KESIMPULAN
Muhammad
Abduh Adalah seorang
tokoh filsafat yang terkenal pada masanya, Nama lengkapnya adalah Muhammad bin
Abduh bin Hasan Khairullah.
Dilahirkan
di desa Mahallat Nashr di Kabupaten al-Buhairah, beliau memulai pendidikannya
dengan mempelajari Al-Quran dan dengan kecerdasannya beliau bisa menghafal
Al-Quran sejak usia 12 tahun. Dan beliau
melanjutkan pendidikan formalnya di Uneversitas Al-Azhar Kairo.
Ide-ide yang
dibawa oleh Syeikh Muhammad Abduh telah mengubah pandangan umat Islam
terhadap Islam yang sering taqlid dengan sebagian sarjana Muslim yang jumud dan
pasif. Syeikh Muhammad Abduh berjasa dalam memberi gambaran yang jelas
tentang keperluan umat Islam kepada pembaharuan, khususnya dalam bidang
pendidikan. Ide pembaharuan Syeikh Muhammad Abduh dalam bidang
pendidikan, khususnya di Universitas Al-Azhar telah memberi kesan yang mendalam
terhadap perkembangan ilmu pengetahuan umat Islam. Antara ide tersebut ialah:
mewujudkan mata pelajaran Matematik, Geometri, Algebra, Geografi, dan Sejarah,
mewujudkan farmasi khusus untuk pelajar Universitas Al-Azhar, menyediakan gaji
guru dari perbendaharaan negara dan waqaf negara, memperbaiki asrama pelajar
dengan menekankan aspek-aspek keselamatan dan kesehatan, mengganti metode
pengajaran yang bersifat hafalan kepada penalaran atau lebih dekat dengan
diskusi.
I.
DAFTAR PUSTAKA
Abduh
Muhammad. Risalah Tauhid, Cet. VII, Mesir: Dar al Manar, 1353 H
Al Bahiy,
Muhammad. Pemikiran Islam Modern, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1986
Ali, Mukti.
Alam Pikiran Islam Modern di Timur Tengah, Jakarta: Djambatan, 1995
Madjid, Nur
Cholis. Islam Kemodernan Dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan, 1989
Nasution
Harun, Muhammad Abduh dalam Teologi Rasional Mu’tazilah, Jakarta:
Universitas
Indonesia, 1981
Nasution,
Harun. teologi Islam: Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan. Jakarta:
UI-Press, 1984
Ridha
Muhammad Rasyid, Târîkh Ustadz al-Imam al-Syaikh Muhammad Abduh, Juz I,
Cet. II, Mesir: Dar al-Manâr, 1367 H
Rahman,
Fazlur. Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intlektual, terj. Ashin
Muhammad, Bandung: Pustaka, 1995
Sani, Abdul.
Lintas Sejarah Pemikiran; Perkembangan Modern dalam Islam, Jakarta: PT Raja
Grafindo Peersada, 1998
Shihab, M.Quraish. Studi Kritis Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abduh dan M. Rasyid
ridha, Bandung: Pustaka Hidayah, 1994
Suharto,Toto.
Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Arruzz, 2006
Syar’i,
Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005
Qutub
Sayyid, Khasha'ish At-Tashawwur Al-Islam: Republika, 2002, Jakarta
Sumber: http://amry90.blogspot.com/
[3] M. Quraish Shihab, Studi Kritis Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abduh dan M.
Rasyid Ridha, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1994), hlm. 17
[5]
Ibid, hal. 18
[12]
Mukti Ali, Alam Pikiran Islam Modern di Timur Tengah, (Jakarta: Djambatan, 1995),
hal. 487 – 488
[13]
Muhammad Al Bahiy, Pemikiran Islam Modern, terj. Su’adi Sa’ad, (Jakarta:
Pustaka Panjimas, 1986), hal. 95
[14]
Fazlur Rahman, Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intlektual, terj. Ashin Muhammad,
(Bandung: Pustaka, 1995), hal. 70
[16]
Samsul Nizar, Sejarah Pendidikan Islam; Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era
Rsullullah Sampai Indonesia, (Jakarta: Kencana, 2009), hal. 246-247
[20]
Sayyid Qutub, Khasha'ish
At-Tashawwur Al-Islam, hlm 79.
[25]
Nasution, Harun.1984.teologi
Islam: Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan. Jakarta:
UI-Press. Hal, 172
Thank you for the information.
ReplyDeleteOracle Apps Functional Training From India
Greetings! Very helpful advice within this article! It’s the little changes that produce the biggest changes. Thanks for sharing!
ReplyDeleteazure training institute
business analysis online training
QuickBooks Premier is an accounting software which includes helped you grow your business smoothly. It includes some luring features which will make this software most desirable. Regardless of most of the well-known QuickBooks Premier features you may find difficulty at some steps. QuickBooks Support is the foremost destination to call in the period of such crisis.
ReplyDeleteBy using Quickbooks Payroll Support Number, you can create employee payment on time. In any case, you will be facing some problem when making use of QuickBooks payroll such as for instance issue during installation, data integration error, direct deposit issue, file taxes, and paychecks errors, installation or up-gradation or simply just about virtually any than you don’t panic, we provide quality QuickBooks Payroll help service. Here are some features handle by our QB online payroll service.
ReplyDeleteQuickBooks has completely transformed the way people used to run their business earlier. To get used to it, you should welcome this positive change. Supervisors at QuickBooks Support contact number have trained almost all their executives to combat the problems in this software. Utilizing the introduction of modern tools and techniques in QuickBooks Support Phone Number, you can test new ways to carry out various business activities. Basically, it has automated several tasks that were being carried out manually for a long time. There are numerous versions of QuickBooks and each you've got a unique features.
ReplyDeleteQuickBooks users are often found in situations where they need to face most of the performance and some other errors because of various causes within their computer system. If you need any help for QuickBooks errors from customer support to get the means to fix these errors and problems, you can easily contact with
ReplyDeleteQuickbooks Support Number and obtain instant help with the guidance of your technical experts.
QuickBooks Customer Support Number advisors are certified Pro-advisors’ and has forte in furnishing any kind of technical issues for QuickBooks. They have been expert and certified technicians of these domains like QuickBooks accounting,QuickBooks Payroll, Point of Sales, QuickBooks Merchant Services and Inventory issues to provide 24/7 service to our esteemed customers.
ReplyDeleteThe experts at our QuickBooks Enterprise Tech Support Number have the required experience and expertise to manage all issues pertaining to the functionality for the QuickBooks Enterprise.
ReplyDeleteAll of the flourishing Businesses square measure currently on QuickBooks Enterprise Support Phone Number as a result of the apprehend QuickBooks is that the best once it involves accounting desires and management desires.
ReplyDeleteQuickBooks Support Number Usa, a credit card applicatoin solution which is developed in such a means that one can manage payroll, inventory, sales and each other need of smaller businesses.
ReplyDeleteYou can resolve this error utilizing the below troubleshooting steps you may want to simply contact our QuickBooks Tech Support Number available at.
ReplyDeleteOnline banking error mainly arises while importing bank transaction in QBO. Follow the below troubleshooting steps to counter this error. However, you can always call toll-free number for QuickBooks to attain our highly experienced tech support team professionals available for a passing fancy call at QuickBooks Technical Support Number.
ReplyDeleteOn earth filled with smart devices just about to happen, QuickBooks online could be the perfect accounting software to have your accounting works done when you look at the smartest way. QuickBooks online version offers you its new and smart features regularly like in Intuit is mainly concentrating on growth of its online software significantly more than the desktop one. To work with this digitalized and smart software, you'll need a technical assistance channel and that can be accessed twenty-four hours a day in only an individual call. Your QuickBooks Online Support Channel can be obtained at QuickBooks Support Phone Number that gives you precisely what you will need for smooth working of QuickBooks software. In this website, I will be discussing the cause and troubleshooting ways of this dilemma.
ReplyDeleteQuickBooks Payroll Support Phone Number, you can find fewer options readily available for the buyer to talk straight to agents or support executives for help. Posting questions on payroll community page is a good idea not the best way to get an instantaneous solution; if you wanna to help keep in contact with an individual.
ReplyDeleteBut don’t worry we have been always here to aid you. As you are able to dial our QuickBooks Payroll Tech Support Number. Our QB online payroll support team provide proper guidance to fix all issue connected with it. I will be glad that will help you.
ReplyDeleteEven after having so many useful features and tools, one might find some QuickBooks Phone Number For Support errors and troubleshooting error while using the software and that’s why you should decide to make sure that you choose to take help of the help and support team. You can make a call on the Intuit Technical Support number .
ReplyDeleteThe main reasons behind this problem are that some kind of incompatible link or data transaction has be able to get rid of the problem. What are the reasons when the QuickBooks Tech Support Phone Number balance sheet is out of balance.
ReplyDeleteQuickBooks is assisted by an organization this is certainly totally dependable. It is a favorite proven fact that QuickBooks Enterprise Support Contact Number has had about plenty of improvement in the area of accounting. In the long run quantity of users and selection of companies that can be chosen by some one
ReplyDeleteProblems are inevitable plus they usually do not come with a bang. Our team at QuickBook Tech Support Phone Number is ready beforehand to provide you customer-friendly assistance if you speak to an issue using QuickBooks Pro. All of us is skilled, talented, knowledgeable and spontaneous. Without taking most of your time, our team gets you rid of all unavoidable errors of this software.
ReplyDeleteFor such type of information, be always in contact with us through our blogs. To find the reliable supply of help to create customer checklist in QB desktop, QuickBooks online and intuit online payroll? Our QuickBooks Payroll Support Number service might help you better.
ReplyDeleteYou merely have to avail the assistance from the technical experts by dialing the QuickBook Support. It's possible to have a word of discussion together with them sharing all of your doubts, and getting the most productive solutions.
ReplyDeleteTo resolve the HP laptop slow issue, an individual can update the working platform and clean the HP Printer Support Number hard disk drive memory. The user can also download and run the desired antivirus to obtain over the situations where HP laptop hangs itself.
ReplyDeleteAll the flourishing Businesses square measure currently on QuickBooks Customer Support Phone Number because of the apprehend QuickBooks is the fact that the best once it involves accounting desires and management desires.
ReplyDeleteOur third-party qualified and trained QB professional are 24*7 or 365 ready to assist customers. If when you have a question in your mind associated with these How to customize the QuickBooks Support Number home page? Just how to change company information in QuickBooks?
ReplyDeleteQuickBooks users in many cases are found in situations where they have to face many of the performance plus some other errors as a result of various causes inside their computer system. If you want any help for QuickBooks errors from customer care to get the solution to these errors and problems, it is an easy task to experience of QuickBook Tech Support and find instant assistance with the guidance of your technical experts.
ReplyDeleteOur QuickBooks Tech Support Phone Number also extends to those errors when QB Premier is infected by a virus or a spyware. We also handle any type of technical & functional issue faced during installation of drivers for QuickBooks Premier Version. We also troubleshoot any kind of error which might be encountered in this version or this version in a multi-user mode.
ReplyDelete
ReplyDeleteQuickBooks Support – Inuit Inc has indeed developed a fine software product to handle the financial needs associated with small, medium and large-sized businesses.
Quicken Technical Support Phone Number +1-888-422-3444. Like Intuit Quick Books, Quicken worked by Intuit is furthermore particularly seen accounting programming at mechanical measurement that gives fiscal accounting help including charge gathering.
ReplyDelete
ReplyDeleteQuickBooks Support Phone Number accounting software program is simply produced by the Intuit for small and medium-sized businesses. With this best and inclusive accounting software, you can easily and quickly track your organization all income and expenses, efficiently track your instalments, sales, and inventory, simply store your visitors and vendors all information and many other things.
Intuit has developed the program form with almost evolution to carry out all checks and taxes issues. Since no body is well in this globalization. Quite often when folks are protesting about incorrect calculation and defaults paychecks results. Similarly fixing QuickBooks Payroll Support Phone Number structure of account could be a confusing try to do and difficult to handle all those for a normal user.
ReplyDeleteCustom Pay Options – Here, we have to add different pay schedules and create rules for contributions, pay types and deductions.
ReplyDeleteOpen Direct Deposit – Save trips towards the bank. Here, it is an easy task to set up and free for you personally and QuickBooks Payroll Tech Support Number employees.
This error may occur due to a problem with the software or hardware components of your desktop PC or any other device that you use for that matter. It will be somewhat a little difficult for you or your accountants to identify as to what problem has occurred and why the tool is not working properly. In such a situation, users may find themselves in trouble. You can get help from our toll-free QuickBooks Enterprise Support Number at any time anywhere. If you are facing any errors in QuickBooks, you can contact our QuickBooks error support team to resolve all these error codes at toll-free QuickBooks enterprise support phone number.
ReplyDeleteThe QuickBooks Premier Tech Support Number could also be used to get rid of your questions associated with using various attributes of this remarkable product from QuickBooks.
ReplyDeleteHey there! Recently I have read your blog on QuickBooks Payroll Error PS038, and I will appreciate your efforts and research for writing such an informative blog. In today’s scenario, bloggers write blogs only to gain followers and popularity, but you have proven them wrong. I hope that you have a successful blogging career ahead. Your solutions were easy to use and 100% working. Anyone can implement these solutions even with low computer and software knowledge. For More information visit our website-QuickBooks Support Phone Number
ReplyDelete
ReplyDeleteThank you for writing blog . I am new to the software and doesn’t know how to encounter error, but your blog has helped me to overcome this error. Your step-by-step solutions for the blog can help anyone with the least technical knowledge. I have gone through other’s blog but none of them was so accurate and informative as yours. After reading this blog, I immediately subscribed to your blogging channel to enjoy the more amazing blog. for more information visit our website-QuickBooks Pro Support Phone Number +1-844-200-2627
ReplyDeleteHello Mate!
Your post is amazingly beautiful! Waiting in anticipation, for some more posts from your side.
Keep the hard work going, my friend. Point-of-Sale is amazing accounting software that
flawlessly streamlines your business operation. Apart, from the several benefits, this
software is also bounded by several errors and glitches. Thus, at any given pint of time if you
are facing any issues of your software, quickly dial our QuickBooks POS Support Phone Number1-844-235-3996 and instantly get your issues fixed.visit us:-https://tinyurl.com/y53d8baj
Wow! I am truly amazed of your post. I must appreciate your writing style and the way you convince people. In case you are also using QuickBooks enterprise version then you must keep QuickBooks Customer Care +1 833-222-6943 on speed dial. This is because you can call on this toll-free number to get technical help and support for QuickBooks.
ReplyDeleteRead More:QuickBooks Error 392
Thanks for sharing this informative blog. Nowadays, it is very rarely found on internet. I am truly a big fan of your writing style and the vocabulary used by you in every content. In case you are looking to get an automated accounting software for your business then QuickBooks can be your perfect choice. Whenever you face any sort of technical difficulty while using the software, feel free to give a call at QuickBooks Pro Support Phone number +1 833-222-6943.
ReplyDeleteRead more: QuickBooks Error 15271
Once again you have presented such as unique and engaging content. I wonder how you come across such ideas. I appreciate and admire your work and share it with my friends. Hey, you can use QuickBooks for managing important businesses. Check out more about the utility of QuickBooks and the assistance at QuickBooks Support Phone Number 1-833-441-8848.
ReplyDelete
ReplyDeleteWow! I have become a big fan of your writing style and the way you bind readers to read your blog in one go. I eagerly wait for your post on daily basis. In case you are a QuickBooks software user and seeking help for the software then QuickBooks enterprise Support Phone Number +1 833-222-6943 can be the best way to get technical help and support.
Read More: QuickBooks enterprise reviews: overview, pricing and features
Hi! I have a great fond of reading and loves to read blogs in my free time. One fine day I just bumped into your article and I found it very informative and convincing. One thing I would like to tell you that I am a great fan of yours. QuickBooks is reliable accounting software. All the issues of QuickBooks are resolved at QuickBooks Desktop Support Phone Number 1-833-441-8848.
ReplyDeleteIt has been a long span since I actually had access to such a blog. Keep doing this great work with great spirits and see a hike in the number of readers and subscribers. I would suggest you get all the doubts resolved at Number for QuickBooks POS Support +1 (888) 238-7409. Read more: - https://tinyurl.com/y5pcdh9x & Visit us: - https://www.enetquickbookenterprise.com/quickbooks-pos-support/
ReplyDeleteGreat Post, you have specified bullet points with an outstanding introduction of your post.You can improve your timing by downloading QuickBooks and perform your business accounting task efficiently. To resolve any problem that you face while working on this software, just dial QuickBooks QuickBooks Enterprise Support Phone Number +1 833-222-6943 and avail any sorts of information about this software and its glitches.
ReplyDeleteVisit our website:
QuickBooks Payroll Support Phone Number
Hi! Great post. Thank you for sharing a big amount of valuable information with us. I really appreciate your work and kind words. Do you know QuickBooks POS is one of the best accounting
ReplyDeletesoftware? By installing this software, you can save your time and resources. You can even get live help and support at QuickBooks Support Phone Number 1-833-441-8848.
Hey, first of all, congratulation on this post. I loved its points that are presented in your post. I loved the information which helped me in solving major problems. I would like to update that one can easily manage their time with QuickBooks accounting software. You can reach the team by dialing QuickBooks support Phone Number +1 833-222-6943 where our experts are available 24 x 7 hours and 365 days a year.
ReplyDeleteread more: QuickBooks Payroll Support
Hi! Lovely post. Wow. I really loved your website. Thanks for sharing such exemplary work. Have you heard about QuickBooks software? it is one of the well-known accounting software. But sometimes errors like QuickBooks Error Support Phone Number can crop up in this software. But the good news is that all the QuickBooks difficulties are resolved by the experts at 1-844-200-2627.
ReplyDeleteMind-blowing stuff! Must say this is a great post. Just like QuickBooks which is a great accounting software for accountants and bookkeepers all over the world. However, there are some minor bugs which one can come across with but not to worry as at QuickBooks
ReplyDeleteSupport Phone Number 1-833-441-8848 you will get all the solution 24x7 and that too at nominal price. So, call now!
The boss can also add benefits, overtime pay, sick pay, and a couple more to the chart. Furthermore, W-2 forms and worker information can easily be added via payroll technology. Dial QuickBooks Payroll Support Phone Number +1 (855)-907-0605 if you are having any trouble with payroll use.
ReplyDeleteHi! Amazing Write-up. Your blog contains a fabulous quality of content. I feel good to be here reading your magnificent post. If you are searching for accounting software that has lots of features for managing business accounts, then try using QuickBooks software. It is a leading accounting software that manages your business accounts effectively and efficiently.
ReplyDeleteTo get support for QuickBooks errors, call us immediately at our QuickBooks Helpline Number +1-844-232-O2O2 .
visit us:-http://www.authorstream.com/Presentation/QBPAYROLL1234-4133537-quickbooks-helpline-number/
Runtime errors are generally caused by incompatible programs running at the same time. It may also occur because of memory problem, a bad graphics driver or virus infection. Whatever the case may be, the problem must be resolved immediately to avoid further problems. Here are ways to remedy the error. If you would like to learn How To Fix Quickbooks Error 9999 yourself, you can continue reading this blog.
ReplyDeleteClass College Education training Beauty teaching university academy lesson teacher master student spa manager skin care learn eyelash extensions tattoo spray
ReplyDeletedaythammynet
daythammynet
daythammynet
daythammynet
daythammynet
daythammynet
daythammynet
daythammynet
daythammynet
Do you want help to get your QuickBooks issues resolved in seconds? If yes, Dial our QuickBooks Phone Number 855-907-0406 now! We will let you do your accounting duties without any interruptions.
ReplyDeleteRuntime Error 9999 happens when QuickBooks fails or crashes whilst it’s running, hence its name. It doesn’t necessarily mean that the code was corrupt in some way, but just that it did not work during its run-time. If you would like to learn how to Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.
ReplyDeleteKUBET được cộng đồng cá cược đánh giá là nhà cái số 1 Châu Á trong năm 2019 hiện tại. Với nhiều trò chơi hấp dẫn, tỷ lệ cược cực cao, trải nghiệm mượt mà mang tới cơ hội kiếm tiền cho anh em. KUBET.IO là trang web cung cấp link đăng ký, đăng nhập KU BET - KU CASINO chính thức, hướng dẫn hội viên tham gia các trò cá cược trên nhà cái, cũng như cách nạp tiền, rút tiền.
ReplyDeleteTừ khóa: #ku, #kubet, #kucasino, #kubetio, #ku777, #ku888, #ku999, #casino, #thienhabet, #kubetcasino
Mạng xã hội KUBET chính thức:
https://infogram.com/dang-ky-kubet-cach-tao-lap-tai-khoan-ku-bet-don-gian-1h8j4xglr0od6mv
https://trello.com/kubet
https://block-x.co/dang-ky-kubet/
https://www.youtube.com/channel/UCyPQbqZIZKV60Q7njSmKe3A
https://www.surveymonkey.com/r/S5X7VBD
Website: Kubet.io
Hey Nice Blog Looking For a Speech & Hearing Clinic: Best center for Hearing Aids, Speech therapy, Cochlear Implants Treatement in Faridabad
ReplyDeletehttps://local.google.com/place?id=11563476119897538829&use=posts&lpsid=5767387276361974824
https://www.google.com/maps?cid=11563476119897538829&authuser=2&_ga=2.179766692.164854179.1617794730-617154765.16155339https://www.google.co.in/search?ved=1t:65428&authuser=2&authuser=2&_ga=2.179766692.164854179.1617794730-617154765.1615533922&q=Shravan+Kendra+Speech+%26+Hearing+Clinic&ludocid=11563476119897538829&lsig=AB86z5VKpfQOyvHopi5l_prezJ_M#fpstate=lie22
https://g.page/shravankendra?gm
Speech & Hearing Centre Faridabad
hearing clinic in Faridabad
Speech & Hearing Centre Faridabad
best hearing centre near me
hearing clinic in Faridabad